Tips Mengembalikan Semangat Setelah Libur Panjang

SOCIALIZE IT ⇨
Menikmati libur panjang memang menyenangkan, apalagi bagi mereka yang memiliki status sebagai mahasiswa. Kebaikan pihak kampus yang memberikan waktu libur selama dua bulan penuh tentu tidak disia-siakan. Menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dan mengerjakan hal-hal yang tidak terselesaikan saat sedang kuliah adalah hal penting yang harus dilakukan saat liburan panjang. Namun ketika waktu liburan telah usai, tidak jarang kita menjadi kurang bersemangat karena terlalu larut dalam euforia liburan, sehingga sulit untuk kembali pada rutinitas kuliah. Jika ada banyak jalan menuju Roma, tentu ada banyak jalan juga untuk kembali bersemangat menjalani rutinitas kuliah

1. Jauhkan Alarm 

Sebelum tidur, usahakan untuk meletakkan alarm sedikit jauh dari posisi tidur anda. Cara ini dapat membuat anda cepat terbangun, karena membutuhkan peregangan saat mematikannya.

2. Pilih Warna yang Bersemangat

Kondisi kamar tidur anda akan menentukan kondisi semangat anda, karena itu pilihlah warna-warna yang semarak dan bersemangat untuk sprei, selimut, sarung bantal, dan lain sebagainya. Pemilihan warna yang bersemangat seperti merah dan oranye akan membantu mengembalikan semangat anda.

3. Early to wake up

Bangunlah lebih awal agar anda bisa memiliki banyak waktu, baik untuk bersih-bersih, mempersiapkan keperluan kuliah, berolahrga, dan sarapan tanpa harus terburu-buru.  Anda akan kehilangan banyak manfaat positif yang seharusnya bisa anda peroleh jika anda bangun tidur 15 menit sebelum memulai aktivitas.

4. Minum Air Lemon Hangat dan Madu

Seringkali saat tidak bersemangat orang-orang akan meminum kopi di pagi hari. Sebenarnya cara itu tidak benar, karena kopi dapat membuat tubuh anda kehilangan cairan. Sebaiknya anda meminum air lemon hangat yang dicampur madu untuk membantu sirkulasi tubuh, meningkatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan usus anda.

5. Olahraga

Anda telah bangun lebih awal, itu berarti anda masih memiliki waktu untuk berolahraga. Lakukanlah jogging di sekitar rumah untuk membantu memompa darah, menjaga tubuh anda tetap bugar dan meningkatkan konsentrasi anda saat kuliah nantinya.

 6. Bersih-bersih

Lingkungan yang bersih dan rapi akan membantu otak lebih mudah dalam berkonsentrasi. Selain itu, hijaunya lingkungan juga akan membuat mata anda lebih segar, sehingga semangat pun timbul.

7. Mandi dengan Menggunakan Air Dingin

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan menggunakan air dingin dapat memperlancar aliran darah dan membangunkan syaraf-syaraf tubuh. Sekalipun tidak menggunakan air dingin, penting bagi anda untuk mandi di pagi hari agar tidak mengantuk dan tubuh menjadi lebih segar.

8. Sarapan Pagi

Jangan pernah sekali-kali melewatkan sarapan pagi, karena sarapan pagi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda, seperti membantu meningkatkan memori otak dan membuat tubuh lebih berenergi. Apapun jenis makanan yang anda makan di pagi hari, baik itu roti, cereal, dan buah, semua itu dapat memberikan kontribusi positif bagi tubuh anda sebelum memulai aktivitas.

9. Berjalan dengan Posisi Tegap

Berjalan dengan postur tubuh yang tegap akan membuat aliran darah akan lancar, sehingga dapat membantu anda untuk tidak tegang dan berpikir lebih jernih.

10. Share Everything With Friends

Jangan mengisolasi diri setelah libur panjang. Ajaklah teman-teman anda untuk berkumpul bersama untuk saling menceritakan pengalaman liburan, entah itu pengalaman menyedihkan ataupun menyenangkan. Cara ini dapat membantu anda untuk terhindar dari stres pasca liburan, membuat perasaan lebih senang, dan membantu anda untuk kembali fokus pada rutinitas kuliah yang harus dan akan dijalani.

Demikian beberapa jalan yang patut anda tempuh untuk kembali bersemangat dalam menjalani rutinitas kuliah anda. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

0 komentar:

Posting Komentar