Jeruk Nipis dan Manfaatnya

SOCIALIZE IT ⇨
Citrus aurantifolia (Bahasa Latin) atau jeruk nipis merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal sejak lama dan umumnya digunakan sebagai salah satu bahan dapur oleh masyarakat Indonesia. Selain dipergunakan sebagai bahan dapur, masih ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah jeruk nipis. Bermacam-macam manfaat yang dapat dihasilkan dari penggunaan jeruk nipis, diantaranya:

1. Memutihkan Kulit

Anda dapat membelah jeruk nipis menjadi dua dan menggosok-gosokkannya pada tubuh dan wajah, dapat dipastikan kulit anda akan menjadi putih cemerlang dan halus. Selain itu, menggosokkan jeruk nipis di tangan juga akan membuat tangan menjadi lebih lembut.

2. Membuat Suara Merdu

Campuran segelas air hangat dengan perasaan jeruk nipis yang diminum tiap pagi hari dapat membuat suara terdengar lebih merdu. Di samping itu, kesehatan kulit anda juga akan menjadi lebih baik.

3. Melenyapkan Lemak pada Kulit

Aktivitas menggosok-gosokkan jeruk nipis pada kulit dipercaya dapat melenyapkan lemak pada kulit yang berminyak dan juga memperkecil pori-pori kulit.

4. Menstabilkan Kerampingan Tubuh

Dengan meminum air jeruk nipis secara teratur, kestabilan kerampingan tubuh anda akan terjaga. Anda cukup meminum air jeruk nipis sebanyak satu sendok makan di setiap pagi, siang, dan malam hari.

5. Melembutkan Rambut

Mencuci rambut dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur air perasan jeruk nipis akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan halus. Cara ini sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki rambut berminyak dan cepat mengotor.

6. Membersihkan Kuku

Bagi anda yang memiliki kuku yang buram karena ada noda yang melekat, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air jeruk nipis. Gosok kuku anda dengan menggunakan air jeruk nipis, maka dapat dipastikan, kuku anda akan menjadi lebih bersih.

7. Menghilangkan Ketombe

Perasan air jeruk nipis dapat digunakan unuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya adalah dengan mencacap kulit kepala dengan air perasan jeruk nipis, kemudian membiarkannya kering selama 20-30 menit,barulah setelah itu keramas. Setelah tiga kali pemakaian air perasan jeruk nipis pada kulit kepala, dapat dipastikan kulit kepala akan terbebas dari gangguan ketombe.

8. Menyembuhkan Batuk-Pilek

Campuran air jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan batuk serta pilek.

9. Mengatasi Sembelit

Meminum air jeruk nipis hangat dapat mengatur gerakan usus sehingga rasa sakit yang berhubungan dengan sembelit dapat teratasi.

10. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan vitamin C dalam jeruk nipis memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan, selain memberikan perasaan kenyang.

11. Mengobati Panas Dalam

Hampir seluruh obat panas dalam berbahan dasar jeruk nipis, karena memang khasiat dari buah ini mampu mengobati gejala panas dalam seperti sariawan, gusi berdarah, dan bibir pecah-pecah.

12. Melawan Penuaan

Meminum air jeruk nipis hangat dipastikan dapat membuat anda mampu melawan kerutan di wajah akibat penuaan dini. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang bertindak sebagai antioksidan alami dipercaya dapat menghilangkan radikan bebas berbahaya yang menimbulkan kerusakan pada kulit.

13. Mengatasi Bau Badan

Anda sering mengalami masalah bau badan dan ingin mengatasinya? Jeruk nipis dapat dijadikan sebagai solusi atas masalah anda. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian dan mengolesi bagian irisan dengan kapur sirih.Oleskan irisan tersebut pada ketiak anda setelah mandi, lalu biarkan mengering selama 5 menit. Basuhlah dengan air setelah kering dan lakukan cara ini setiap pagi dan sore.

0 komentar:

Posting Komentar