Cara memindahkan Aplikasi dari memory internal ke kartu memori

SOCIALIZE IT ⇨
Smartphone yang telah lama di gunakan tentu akan memakan memori internal yang lama kelamaan akan berkurang . Untuk pengguna yang menjalankan Android 2.0 +, memindahkan aplikasi ke kartu SD adalah sebuah tantangan, tapi apabila berhasil di pindahkan akan meningkatkan kinerja ponsel Anda kembali . Bagaimana caranya? Anda harus memiliki akses root dan mem-partisi kartu SD Anda. Hari ini saya akan menjelaskan bagaimana melakukannyar, dan bagaimana untuk membebaskan memori dengan memindahkan data dari penyimpanan internal ke SDcard Anda.

Catatan: Melakukan hal ini sangat berisiko , jika Anda tidak yakin untuk melakukannya jangan di lakukan karena saya tidak bertanggung jawab apabila Anda gagal dalammelakukannya . 

Persyaratan
  • Root ke smartphone Androi. 
  • Backup semua data Anda terlebih dahulu, yang dapat Anda lakukan dengan sebuah aplikasi, atau mentransfer semua file Anda ke komputer Anda.
  • MiniTool Partition Wizard 
  • Link2SD, sebuah aplikasi yang dapat diinstal secara gratis dari Google Play Store DOWNLOAD.
MiniTool Partition Wizard
Langkah berikutnya membuat partisi pada SD Card Anda. Pastikan bahwa Anda telah men-download program di atas di komputer Anda, menginstal, membukanya dan kemudian ikuti prosedur ini: 
1.Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer Anda menggunakan chord USB.  
2.Pilih MiniTool Partisi dari menu.  
3.Mengidentifikasi kartu SD Anda di bagian bawah. Ini bervariasi tergantung pada port USB yang Anda gunakan atau ukuran kartu Anda. Dalam kasus saya itu muncul sebagai Disk 2.

4.Dari kolom kiri, di bawah Operasi, pilih Partisi di Split. Mengalokasikan 1 GB (1024 MB) di'' New Partition Size'' dan kemudian tekan OK.
5.Kemudian akan membuat partisi baru dari 1 GB. Pilih ini lagi dari bagian Operasi, dan pilih Format Partition, dan pilih EXT4 dari drop down box untuk File System. Kemudian pilih OK.
6.Sebagai langkah terakhir, pilih opsi'' Set as Primary Partition'', dari Operasi'' dan pilih Apply yang dapat ditemukan di sudut kiri atas. Konfirmasi ini dan tunggu sampai selesai.
 7. Jika karena alasan tertentu, Anda kehilangan file Anda, Anda dapat menyalinnya dari PC Anda ke partisi FAT32 (yang lebih besar).

Sekarang, jika Anda sudah memiliki Link2SD diinstal pada smartphone Anda, uninstall dan instal ulang lagi (atau hapus cache dalam pengaturan perangkat Anda di bawah Manajer aplikasi, kemudian gulir ke bawah sampai Anda melihat Link2SD). Tempatkan kartu SD Anda dalam smartphone dan buka aplikasi Link2SD.
 
  • Berikan izin root. 
  • Pilih partisi ext4 yang baru saja Anda buat 
  • Smartphone Anda akan restart.
 

Jika Anda mengalami masalah menggunakan Link2SD untuk mencari partisi kedua, ubah sistem file partisi kedua kartu SD Anda untuk ext2, yang merupakan pilihan yang kurang berkembang, tetapi biasanya kompatibel. Sebagai usaha terakhir, cobalah FAT32, namun hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah keamanan dengan beberapa file pribadi dari app.

Setelah langkah di atas selesai, pilih semua aplikasi yang Anda ingin pindah ke kartu SD, tetapi untuk melakukan hal ini gunakan pilihan '
Create shortcut' bukan'' move to SD''. Jika itu adalah aplikasi sistem, pertama-tama Anda perlu mengkonversi ke aplikasi pengguna di bawah'' actions'' opsi menu.
Link2SD punya trik sistem aplikasi yang benar-benar disimpan pada memori internal, padahal sebenarnya aplikasi ini disimpan pada kartu SD.

Dalam pengaturan Link2SD, Anda juga dapat mengaktifkan bagian ''
auto connect’'' yang menjamin bahwa aplikasi baru secara langsung diinstal pada kartu SD.
Selamat, sekarang Anda dapat menginstal banyak aplikasi baru tanpa masalah memori.

1 komentar:

  1. Informasi sangat menarik ini.. akhirnya ketemu juga.. makasih gan..
    Kunjungi juga : Download Game

    BalasHapus