Jalan Kaki Ternyata Banyak Manfaatnya

SOCIALIZE IT ⇨
Satu-satunya aktivitas yang murah dan praktis dan diminati banyak orang adalah berjalan. Selain murah dan praktis, berjalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya ialah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga ini sangat baik dilakukan di pagi hari karena udara pagi masih segar dan bersih dari polusi. Sayangnya banyak di antara kita yang malas melakukannya dengan alasan dingin dan masih mengantuk.
Bagi sebagian orang berjalan kaki merupakan aktivitas melelahkan, namun kebanyakan orang justru menggemari olahraga berjalan kaki karena dinilai mampu mencegah penyakit berbahaya dalam tubuh kita, apalagi bila dilakukan secara rutin. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan berjalan kaki.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Badan yang memiliki berat berlebih sangat berpotensi untuk terjangkit penyakit jantung dan kolesterol. Untuk itu penderita obesitas sangat disarankan untuk melakukan olahraga dengan berjalan kaki di pagi hari secara rutin, karena tot tubuh yang bergerak dapat membantu pembakaran kalori. Semakin cepat anda berjalan, maka akan semakin efektif pembakaran kalori tersebut.

2. Mencegah Serangan Jantung

Salah satu donatur penyebab kematian manusia ialah serangan jantung, karena ketika detak jantung berhenti otomatis hidup manusia pun akan berhenti. Sebagin besar orang rela melakukan pengobatan apa saja demi terhindar dari penyakit mematikan ini. Tentunya pengobatan yang dimaksud adalah pengobatan yang cenderung mahal dan hanya bisa dibayar oleh orang-orang yang mampu saja. Berjalan kaki bisa menjadi solusi murah untuk mencegah datangnya penyakit jantung tersebut. Dengan berjalan kaki secara cepat, darah akan mengalir deras ke dalam koroner jantung, sehingga otot jantung tetap bugar dan berfungsi secara normal dalam memompa darah.

3. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis yang merupakan pengeroposan tulang dalam tubuh dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki di pagi hari. Jalan kaki setidaknya 1000 langkah setiap hari dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari dapat membuat kesehatan tulang tetap terjaga. Jika anda dapat berjalan kaki secara rutin di pagi hari, maka tulang anda akan terhindar dari ancaman osteoporosis.

4. Mencegah Diabetes

Orang yang gemuk biasanya menderita diabetes. Untuk itu, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan jalan kaki setiap pagi dan sore secara rutin untuk menjaga kadar gula tubuh tetap stabil. Studi dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases menyatakan bahwa kecepatan berjalan kaki sebanyak 6 km/jam selama 50 menit dapat mencegah diabetes.

5. Mencegah Stroke

Sebuah studi baru menyatakan bahwa berjalan kaki selama 20 jam dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke. Hal ini terbukti melalui pengalaman orang-orang yang hidup di zaman dulu, yang memiliki tubuh bugar dan terhindar dari stroke karena hampir selalu berjalan kaki untuk bepergian kemana-mana.

6. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Tekanan darah dan kolesterol dapat menjadi rendah dengan melakukan jalan kaki secara tergopoh-gopoh (tidak cepat dan tidak lambat).

7. Menghilangkan Stres

Tubuh manusia memiliki hormon endorfin yang diproduksi oleh kelenjar pituitary di bagian bawah otak. Hormon ini mampu menimbulkan perasaan senang sehingga dapat membuat seseorang memiliki energi. Berjalan kaki dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan stres, karena saat berjalan otak akan melepaskan endorfin.

8. Menjaga Kebugaran dan Kekekalan Tubuh

Orang yang melakukan jalan kaki secara rutin atau aktif melakukan pergerakan cenderung memiliki kebugaran dan kekebalan tubuh yang lebih baik dibanding orang yang sedikit melakukan pergerakan.

Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan berjalan kaki. Selain murah dan mudah dilakukan, jalan kaki membuat organ tubuh tetap sehat.

0 komentar:

Posting Komentar