Tidur Siang Itu Harus !! Kenapa??

SOCIALIZE IT ⇨
Apa yang biasanya terjadi pada anda ketika hari beranjak siang? Apakah selepas makan siang kelopak mata tiba-tiba memberat dan ada godaan untuk menyandarkan kepala? Bila anda merasakan hal seperti itu, ada baiknya untuk tidak melawan rayuan tidur siang, karena tidur siang dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Anda tidak perlu beranggapan bahwa tidur siang akan mengurangi waktu bekerja, karena anda hanya membutuhkan waktu setidaknya 10 menit untuk beristirahat sejenak.
Sama halnya dengan tidur malam, tidur siang juga memberi manfaat, seperti mencegah penyakit jantung, melindungi dari obesitas dan masalah tulang, serta meningkatkan fungsi otak. Andrei Medvedev, asisten profesor di Center Functional anda Molecular Imaging Georgetown University mengungkapkan bahwa saat seseorang tertidur, aktivitas otak kanan jauh lebih tinggi. Sangat berbanding terbalik bila dilihat dari kenyataan sehari-hari, dimana sebagian besar orang yang menggunakan tangan kanan saat bekerja didominasi oleh peran otak kiri.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan jika tidur siang dilakukan secara rutin, diantaranya :

1. Konsentrasi Lebih Baik

Tingkat konsentrasi dan fokus anda akan lebih baik. Hal ini didukung oleh penelitian NASA yang menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi dan fokus pilot lebih baik ketika mereka tidur siang selama 40 menit.

2. Kinerja Otak Meningkat

Tidur siang dapat mengurangi rasa lelah secara psikis dan meningkatkan kekuatan otak, sehingga aktivitas otak dapat bekerja lebih baik sepanjang hari.

3. Daya Ingat Meningkat

Tidur siang selama 45 menit dapat membantu meningkatkan daya ingat, sehingga dapat bermanfaat dalam mempelajari bahasa asing.

4. Kreativitas Meningkat

Tidur siang dapat membuat kinerja otak kanan meningkat, sehingga seseorang yang menangani masalah yang berkaitan dengan kreativitas akan mampu menyelesaikannya dengan baik.

5. Produktivitas Meningkat

Dibanding harus melakukan doping melalui secangkir kopi saat rasa malas datang, lebih baik anda melakukan tidur siang karena dapat menyegarkan semangat. Tidur siang dinilai dapat meningkatkan produktivitas karena saat tidur otak dilindungi dari pengolahan informasi yang berlebihan dan informasi yang baru dipelajari dapat terkonsolidasikan dengan baik.

6. Kadar Stres Menurun

Sekalipun hanya dilakukan sebentar, tidur siang dinilai dapat memperbaiki suasana hati. Tidur siang dalam waktu singkat dapat memberikan efek yang hebat seperti pikiran lebih segar, hati lebih tenang, rasa lelah dan suntuk hilang, semangat kembali, dan kehidupan terasa lebih ringan untuk dijalani. Hal ini juga didukung oleh penelitian pada sekelompok pilot yang mengalami penurunan separuh hormon stres kortisol setelah tidur siang dalam waktu sebentar.

7. Mood Buruk Berkurang

Cuaca siang hari yang panas, pekerjaaan yang menumpuk, dan rasa lelah serta mengantuk di siang hari dapat membuat mood menjadi buruk. Untuk menguranginya anda dapat melakukan tidur siang sehingga mood anda tidak lagi buruk. Anda tidak akan mudah marah, tersinggung, membentak, dan sebagainya karena tidur siang telah mengembalikan semangat dan memperbaiki suasana hati anda.

8. Ketegangan Pikiran dapat Tersingkir

Tidur siang sekalipun hanya dalam waktu 10 menit diyakini mampu melawan stres. Hasil studi National Sleep Foundation menunjukkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat untuk merelaksasi pikiran seseorang bahkan hanya dalam waktu 10 menit.

9. Penyakit Jantung dapat Terhindari

Hasil penelitian seorang peneliti Yunani menunjukkan bahwa tidur siang selama 20-40 menit selama tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke sebesar 37 persen. Sebaiknya tidur siang dilakukan antara pukul 13.00-15.00 selama 20-40 menit, karena jika berlebih akan menyebabkan kepala anda terasa lebih berat saat bangun.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda tidur siang secara rutin, karena itu jangan melewatkan waktu tidur siang, karena waktu 10 menit saja bisa memberikan efek yang hebat bagi kesehatan fisik dan psikis anda.

0 komentar:

Posting Komentar