Bahaya Vetsin Atau MSG Bagi Kesehatan

SOCIALIZE IT ⇨
Vetsin atau MSG (Monosodium Glutamate) adalah penyedap rasa yang sudah sangat populer di Indonesia. Berbentuk kristal putih dan tidak mempunyai rasa. Fungsinya hanya sebagai penegas cita rasa makanan. Akan terasa lebih enak dan gurih jika ditambahkan pada makanan seperti daging, ayam dan ikan. Banyak digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk menambah cita rasa masakan mereka. Juga para para pedagang makanan yang kadang menambahkannya tanpa aturan. Padahal mengkonsumsi MSG secara berlebihan sangat tidak dianjurkan. Di lihat dari keutamaan gizinya pun, vetsin sama sekali tidak mempunyai manfaat khusus dalam metabolisme tubuh dan juga fungsi organ.
Dalam MSG terkandung asam glutamate dan natrium. Dengan menambahkan MSG ke dalam makanan, artinya akan semakin banyak kadar natrium yang masuk ke dalam tubuh. Belum  dari garam dapur yang juga kaya akan natrium. Dan tentu saja hal itu akan sangat membahayakan bagi mereka penderita penyakit hipertensi, jantung dan ginjal.

Artinya para penderita penyakit itu harus mengurangi penggunaan natrium yang bukan saja terdapat pada garam tapi juga pada vetsin. Memang, sebenarnya natrium diperlukan oleh sel-sel tubuh kita. Apalagi setelah kita melakukan olah raga berat yang menguras banyak keringat. Kita bisa merasa lemah. Hal itu karena banyak natrium keluar dari tubuh kita bersama keringat. Tidak percaya? Rasakan sendiri keringat tubuh kita, pasti akan terasa asin di lidah.

Natrium pada MSG mempunyai rasa yang gurih dan tidak terlalu asin. Berbeda dari garam dapur yang memiliki rasa asin 3 kali lipat dibanding MSG. Makanya orang lebih senang menggunakan MSG dibanding garam dapur, bahkan banyak juga yang menggunakan keduanya secara bersamaan.

Dalam 1 gram vetsin terkandung kurang lebih 200 mg natrium. Natrium merupakan zat yang dapat menahan air di dalam tubuh. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan juga dikonsumsi oleh mereka penderita penyakit kaki bengkak. Bayangkan saja, sudah bengkak air masih tertahan di dalam tubuh. Padahal harusnya keluar dengan lancar agar air yang berlebihan itu segera dibuang oleh tubuh.

Sebaiknya tidak menggunakan vetsin sebagai penyedap rasa. Tetapi kalaupun tetap ingin menggunakannya, pakailah sesuai takaran yang  dianjurkan. Aturan mengkonsumsi MSG yang aman adalah 120 mg/kg BB/hari pada orang dewasa. Berarti, jika seseorang mempunyai berat badan 50 kg, maka konsumsi vetsin yang dianjurkan tidak lebih dari 6 gram, setara dengan 2 sendok teh.Atau dosis optimumnya yaitu 0.2-0.8% dari volume makanan.Untuk anak-anak tidak lebih dari 2 gram sehari. Dan dilarang untuk bayi di bawah usia 12 minggu.

Dalam buku Excitotoxins-The Taste That Kills, Russell  Blaylock menjelaskan bahaya MSG sebagai zat kimia yang dapat merangsang juga mematikan sel-sel otak. Bahkan dapat memperburuk gangguan saraf bagi para penderita Alzheimer, parkinson dan autisme. Selain itu juga dapat meningkatkan pertumbuhan se-sel kanker.  Penggunaan MSG yang berlebihan bagi mereka yang sensitif juga bisa menyebabkan alergi, mual, kejang, sakit kepala, mulut terasa kering, hilang ingatan bahkan memicu serangan asma.

Walaupun di Jepang, negara penemu bahan ini menganggapnya aman, begitu pula Food and Drug Administration di Amerika Serikat, bahkan BPOM di Indonesia juga, tetapi hendaknya gunakan MSG sesuai aturan. Jangan berlebihan yang akan membuat kita menderita kerugian nantinya.. Selalu diingat. apapun bahan kimia selain berdampak positif juga dapat  memberikan dampak sebaliknya. Jika penggunaannya tanpa aturan bisa saja  mengakibatkan terganggunya kesehatan.  

***

 

0 komentar:

Posting Komentar